-->
Home » » FAKTA MENARIK TENTANG PERMEN

FAKTA MENARIK TENTANG PERMEN

FAKTA MENARIK TENTANG PERMEN
PERMEN
Permen juga di kenal sebagai lilin, permen di produksi dengan gula sebagai bahan utamanya kembang gula. Kembang gula juga masuk kedalam kategori seperti : permen gula, coklat dan permen karet, permen buah, permen kacang yang di lapisi dengan gula biasanya juga di sebut sebagai manisan. Nah artikel hari ini akan membahas sedikit mengenai masalah permen nih, semoga bermanfaat.


Jenis Permen

Permen gula yang termasuk permen keras diantaranya adalah karamel, marshmallow, yang dimana bahan utamannya adalah gula. Permen gula diklasifikasikan berdasarkan jumlah banyaknya kandungan gula yang ada di dalam setiap permen. Kompeito adalah permen gula tradisional jepang yang hampir 100% gula. Di Jerman, Haribogummy permen beruang gummy rasanya lembut pada saat di kunyah, permen jeli pun adalah permen gula yang lembut dan terdapat banyak kandungan air di dalamnya. Pantteri juga salah satu permen gula yang berasal dari Finlandia yang berwarna seperti buah-buahan dan memiliki rasa yang pahit dan asin.

Sejarah Permen

Sebelum tahun 1900 dahulu permen di jual dengan cara terbuka atau tanpa pembungkus. Namun kemudian karena hal tersebut banyak orang yang mengkritik hal itu, yang di takutkan dapat menarik kotoran dan kuman kedalam permen tersebut. Seiring berjalannya waktu akhirnya di gunakannya kertas lilin, foil dan plastik yang secara tidak sengaja hal ini menjadi sangat populer pada masanya. Pada tahun 1940 sebagian besar permen telah di produksi sendiri oleh kebanyakan orang. Selama tahun 1950 berlakulah permen yang mulai di bungkus secara terpisah dan menjadi sangat populer. Pada tahun 1970-an pabrik permen pada masa itu akhirnya memberikan segel merk yang di cetak diatas pembungkus permen dan karena hal itu akhirnya permen ber merk pun menjadi sangat populer.

Bagaimana Cara Membuatnya

Permen terbuat dari gula dengan cara melarutkannya kedalam air atau susu sehingga menjadi seperti sirup. Sirup di rebus dengan waktu yang sangat lama sehingga setelah proses ini selesai, maka sirup tadi di tuangkan kedalam cetakan yang telah di sediakan. Permen terdiri dari beberaa tekstur seperti, lembut, keras dan jel. Tekstur permen juga berpengaruh pada bahan dan suhu pemrosesan.

Fakta Kemasan

Kemasan berguna untuk mencegah hilangnya aroma dan rasa pada suatu permen. Kertas lilin yang baik adalah kertas yang mampu membuang udara dan menjaga kelembaban serta menjaga permen dari debu dan kuman. Sedangkan plastik digunakan sebagai pembungkus yang kelihatan transparan yang berguna untuk melindungi dari minyak dan kelembabab setelah di tutup. Polyethylene  juga di gunakan untuk membuat plastik kemasan dalam bentuk besar sebagai tempat permen yang banyak. Sekarang permen dapat kita dapati dimanapun kita ada dengan berbagai merk yang tertera di luar bungkusnya.

Jangka Waktu

Jangka waktu permen juga di sebut sebagai periode waktu permen dapat di simpan tanpa kehilangan rasa asli permen itu sendiri. Karena banyaknya gula dalam permen membuat bakteri akan suulit tumbuh dalam permen. Permen juga dapat di simpan dengan jangka waktu yang sangat panjang, dan banyak juga yang berbicara bahwa permen juga dapat di simpan untuk waktu yang sangat lama.


Nah itu tadi artikel tentang permen yang sederhana, semoga saja artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda sekalian.

1 komentar:

  1. I think your blog is very good for the show to all the readers and thank you
    http://www.sanadomino.com/

    ReplyDelete

Diharap untuk berkomentar menggunakan kata-kata yang sopan dan tidak menyinggung SARA dsb...