-->
Home » » HAL YANG DAPAT MENYEBABKAN DATA ANDA HILANG

HAL YANG DAPAT MENYEBABKAN DATA ANDA HILANG

HAL YANG DAPAT MENYEBABKAN DATA ANDA HILANG
Data Loss
Jaman teknologi yang semakin maju mengharuskan kita untuk terus mengikuti perkembangan zaman, diantaranya adalah komputer, komputer adalah salah satu dari sekian banyak alat yang di ciptakan oleh manusia yang berguna untuk memudahkan perkerjaan manusia. Namun apa jadinya bila komputer yang awal mulanya di ciptakan itu untuk mempermudah pekerjaan manusia justru sebaliknya menambah masalah manusia, nah ini adalah hal-hal yang harus anda hindari agar data-data penting anda dalam komputer tidak hilang begitu saja. Berikut artikel ini akan membahas penyebab umum dari hilangnya data dari hard drive komputer.

KERUSAKAAN FISIK PADA HARDWARE

Seiring lamanya waktu anda untuk menggunakan sebuah hard drive, ternyata hard drive juga dapat mengalami keausan atau dalam arti kerusakan dan rentan dengan hilangnya data anda dalam drive tersebut. Masalah kerusakan biasa terjadi juga pada hardware/perangkat keras nah penyebab umunya biasanya adalah dikarenakan harddisk yang anda gunakan tidak dapat lagi berfungsi atau tidak berputarnya jarum pembaca data pada bad sektor. Kerusakan hal semacam ini dapat mengakibatkan kehilangan data pada harddisk anda dan menyebabkan kerugian yang besar dan fatal. Kerusakan semacam ini biasa terjadi dikarenakan harddisk anda terjatuh atau terkena tumpahan air, selain itu pemadaman listrik yang secara tiba-tiba juga dapat menyebabkan kerusakan pada harddisk. Sangat di perlukan kehati-hatian dalam menggunakan hardisk anda apa lagi bila itu adalah tempat data terpenting anda satu-satunya.

PEMADAMAN LISTRIK SECARA TIBA-TIBA

Komputer pada umumnya terdiri atas dua jenis memori, yang pertama adalah Random Access Memory atau yang biasa kita sebut dengan panggilan ( RAM ), ram berfungsi hanya menyimpan data secara sementara. Dan yang kedua adalah Harddisk, harddisk berfungsi untuk menyimpan data secara permanen atau disimpan pada satu tempat tanpa perlu anda takutkan untuk hilang, kecuali jika terjadi ketidak sengajaan anda memformat atau kerusakan lain pada harddisk anda. Dalam kondisi ketika pemadaman listrik secara tiba-tiba jika anda menggunakan komputer tanpa UPS otomatis data yang anda ketik pada jendela PC anda akan hilang dikarenakan data tersebut masih berada di dalam RAM yang bersifat menyimpan data sementara kecuali jika anda simpan terlebih dahulu ke dalam harddisk itu lain lagi ceritanya. Terkadang pada kasus lain yang lebih extreme lagi biasnya karena pemadaman listrik yang sementara juga dapat membuat data yang anda simpan dalam harddisk anda juga hilang dikarenakan tegangan listrik, bukan hanya hal itu terkadang karena terlalu panasnya harddisk yang anda miliki saat digunakan bisa menyebabkan file korrup dan membuat kehilangan data anda, termasuk jika anda mematikan komputer atau PC anda dengan cara yang tidak benar.

EJEKSI YANG TIDAK BENAR PADA PERANGKAT REMOVABLE ( USB DRIVE DLL )

Salah satu penyebab lain dari hilangnya data dari PC anda adalah di akibatkan ejeksi yang tidak benar ketika anda mencabut begitu saja harddisk eksternal atau flashdisk anda miliki tanpa mengejeknya terlebih dahulu. Maka disarankan anda untuk mengejek terlebih dahulu perangkat eksternal anda sebelum anda cabut.

VIRUS KOMPUTER

Ada banyak sekali virus komputer yang dapat dengan mudah menginfeksi komputer anda dan salah satu dampak yang disebabkan adalah membuat data-data anda hilang. Melakukan aktifitas mendownload di internet juga sangat rentan untuk menyebabkan komputer anda terkena virus maupun malware terlebih lagi anda juga dapat di hacker oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang menyebabkan data dan informasi penting anda hilang dengan begitu saja.

BAD PROGRAMMING

Terkadang seorang programer mengkodekan sebuah instruksi manusia menjadi sebuah bahasa yang dapat dibaca dengan mudah oleh sistem komputer. Namun terkadang ketika seorang programer melakukan suatu kesalahan atau keliru dalam mengeksekusi sebuah programnya hal ini juga dapat menyebabkan kesalahan fatal dan menyebabkan hilangnya data anda atau pun terhapus dari komputer anda.



Nah itu tadi sedikit menuliskan apa yang saya ketahui semoga saja artikelnya bermanfaat dan berguna bagi anda yang belum mengalami hal seperti ini, agar kiranya menjadikan perhatian untuk berhati-hati dalam menggunakan peralatan elektronik, yang tentunya bukan masalah pada berapa harga barang elektroniknya. Tetapi ini menyangkut sangat pentingnya data yang ada di dalam harddisk maupun flashdisk tersebut.

2 komentar:

Diharap untuk berkomentar menggunakan kata-kata yang sopan dan tidak menyinggung SARA dsb...